SEJARAH DAN TEORI DASAR KOMPUTER

Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi sedikit ilmu mengenai komputer dan sejarah perkembangannya... Jadi, langsung disimak aja ya




Pengertian  komputer  (computer)  yang  diambil  dari  bahasa  latin  Computare  yang berarti menghitung (to compute  atau  reckon).

Komputer  adalah  sistem  efektronik  untuk  memanipulasi  data  yang  cepat  dan  tepat serta  dirancang  dan  diorganisasikan  supaya  secara  otomatis  menerima  dan menyimpan  data  input,  memprosesnya,  dan  menghasilkan  output  dibawah pengawasan  suatu  langkah-langkah  instruksi-instruksi  program  yang  tersimpan  di memori (stored program)


Dari  beberapa  definisi  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  komputer  mempunyai  beberapa 
karakteristik sebagai berikut:

1.  Alat elektronik.
2.  Dapat menerima input data.
3.  Dapat mengolah data.
4.  Dapat memberikan informasi.
5.  Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer ('stored program).
6.  Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7.  Bekerja secara otomatis

Sedangkan yang disebut dengan program/software program adalah  urutan  instruksi 
tertulis yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu oleh komputer



Sejarah Singkat Komputer


1. Generasi Pertama (1949 – 1955)

   Prof. Eckert dan Mauchly dari University of Pennsylvania (AS)  mengembangkan  komputer  yang  disebut  ENIAC (Electronic  Numerical  Integrator  and  Calculator),Sedangkan  Prof.  John  Von Neumann memberikan konsep program penyimpanan (store program), yaitu menyimpan instruksi  dalam  suatu  memori.  Komputer  dengan  konsep  ini  didesain  di  Cambridge University di Inggris di bawah pimpinan Maurice Wilkes.
  EDSAC  (Electronic  Delay  Storage  Automatic Calculator)  diselesaikan  tahun  1949  dengan menggunakan  mercury  delay  line  untuk penyimpanannya.
  Lahir UNIVAC I yang dibuat oleh Univac Division of Remington  Rand  yang  menggunakan  vacuum tubes  dengan  filaments  sebagai  sumber  elektron. Mesin  ini  memiliki  waktu  pengoperasian  yang terbatas  karena tidak tahan panas.

2. Generasi Kedua (1956 – 1965)
  Pada komputer generasi kedua ini telah digunakan transistor untuk menyusun komputer. Media  penyimpanan  yang  digunakan  adalah magnetic  core  berbentuk  seperti  ring  (cincin) berdiameter  0.02”  yang  dibuat  dari  ferrite sehingga dapat menghantarkan magnet.
  Digunakannya  high  level  language  seperti FORTRAN  (FORmula  TRANslator),  COBOL (Common Business Oriented Language) dan Algol sebagai bahasa pemrograman. Pada masa ini mulai muncul profesi baru seperti system analyst, programmer, dan sebagainya.

3. Generasi Ketiga (1966 – 1975)

  • Dimulainya pergantian Germanium transistor oleh silicon transistor
  • IC (Integrated Circuit) berisi transistor, resistor, dan capasitor
  • CPU dapat melaksanakan jutaan instruksi per detik.
  • Telah dikenal konsep Time sharing operation system, on-line system.
  • High  level  language  seperti  FORTRAN  IV,  COBOL,  dan  PL/1  dikembangkan  dandigunakan sebagai bahasa pemrograman untuk bisnis
4. Generasi Keempat
  • Menggunakan  Large Scale Integration (LSI) dan Very Large  Scale Integration  (VLSI) yang berisi 50.000 transistor per chip.
  • Hardisk  telah  digunakan  di  rumah-rumah  dan  kantor  dengan  kapasitas  hingga  1 gigabytes 
  • Dibangunnya system network
  • Lahirnya Unix Operating system dan time sharing interactive system.
  • Alpha  microprocessor  chip  yang  dibuat  oleh  DEC  pada  tahun  1994  berisi  9,3  juta transistor per chip dan dapat mengerjakan milyaran operasi per detik.
  • Tiga perusahaan raksasa komputer yaitu Apple Computer, Motorolla dan IBM, mulai bersaing secara ketat.
  • IBM mulai menciptakan Pentium pada tahun 1993. 
  • Jaringan komputer telah menggunakan  Fiber Optic  dengan transmisi 100 Mbits/sec-1Gbits/sec. 
  • Software  dengan  Bahasa  C  mulai  berkembang,  misalnya  Object  Oriented  Design, C++, Prolog, dan sebagainya
5. Generasi Kelima
  • Microprocessor  berkembang  pesat  dengan  lebih  dari  1  inti  dalam  1  keping  processor (multicore)
  • Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) menjadi dasar pengembangan komputer pada generasi ini.
  • Kecerdasan buatan meliputi, permainan game, expert system, natural language, neural network, dan robotica




Tambahan informasi
  • Bit dan byte
  • Konversi dari bilangan desimal

              Konversi  ini  dilakukan  dengan  cara  membagi  bilangan  desimal  dengan  dua kemudian              diambil sisa pembagiannya.




Sumber : Bahan Ajar Aplikasi Komputer(2011) oleh Edi Basuki Rakhmat

 

0 komentar:

Posting Komentar